find in this blog

Senin, 16 Juni 2014

Contoh Desain Web dengan PHP

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, baiklah para redexploder sekalian ane kangen nih ngeblog :D
kali ini ane mau share hasil web yang ane buat kurang lebih dua minggu ini.

oke, langsung ane share aja silahkan download disini

didalam tuh file ada 2 file web. yang pertama contoh web Polibatam dan web UIB. sengaja ane buat 2 contoh web supaya ente bisa perbandingin antara keduanya. kedua web sama-sama menggunakan bahasa pemograman PHP dan HTML yang berbeda hanyalah software yang ane gunakan. web polibatam ane menggunakan notepad++ sedangkan website UIB ane buat dengan software macromedia dreamweaver.

oke ane akan jelasin sistem atau cara kerja dari kedua web tersebut. supaya ente mengerti apa yang ane jelasin, ada baiknya ente langsung praktek web tersebut. tapi sebelum itu lakukan tahapan berikut :
1. ente download xampp untuk website disini
2. silahkan download notepad++ atau Dreamweaver (optional) -> mana tau ente mau modifikasi

oke setelah ente download file web ane, silahkan extrack kedua file di C:\xampp\htdocs.

nah setelah itu silahkan ente buka xampp control panel, start apache dan mysql

selanjutnya buka localhost/phpmyadmin dan klik import, selanjutnya pilih uib.sql yang beraada di C:\xampp\htdocs\Polibatam. dan klik go. pastikan database telah di create. selanjutnya untuk database UIB silahklan lakukan hal yang sama, namun file sqlnya berada di C:\xampp\htdocs\UIB\Database.

oke sekarang ane contoh kasih gambaran sistem dari web 1 yaitu UIB. pertama ente buka di web browser, ketikkan localhost/uib maka tampilan awalnya akan seperti ini

mohon maaf kalau desainnya jelek, baru 2 minggu pegang dreamweaver, jadi masih newbie banget :suram.
tab Home, About UIB dan Contact Us hanya berisi page statis biasa aja. sedangkan tab join us dan database berhubungan dengan database UIB yang barusan ente import.

pada saat tab join us di klik, maka akan muncul tampilan seperti ini

nah silahkan ente masukkan data pribadi ente, nah perhatikan aja penulisan email soalnya itu akan jadi email ente pada saat login di tab database.

coba ente perhatikan database UIB pada tabel data_pendaftar. disana data yang sudah ente masukkan sudah terdapat di table tersebut. namun data email juga termasuk di tableuser. namun passwordnya adalah 123456 karena itu adalah password default.

nah silahkan login di tab database dengan email yang anda masukkan tadi dan dengan password 123456. nah setelah berhasil login, silahkan lihat data yang sudah anda masukkan. tapi anda tidak bisa edit dan delete data karena user previleges user. nah sekarang anda coba login sebagai admin (username : admin, password : admin123). nah kalau ente login sebagai admin, ente bisa lihat seluruh data dan bisa edit serta hapus data.

oke selanjutnya ane jelasin web yang ke 2, yaitu web pmb Polibatam, silahkan ketik di browser localhost/polibatam. maka akan muncul tampilan seperti ini

nah bedanya sama web pertama, yiatu :
1. pada halaman index, anda dipaksa -_- untuk login terlebih dahulu. percuma ente ketik di browser dengan memanggil file php lain karena semua file PHP ada autentifikasi login.
2. yang pasti lebih flat dari web pertama :suram :ngenes :pasrah

nah silahkan ente login sebagai user atau admin, silhakan cek username di database pmb table user untuk tau perbedaannya. selanjutnya silahkan tambah data, dan data anda akan secara otomatis dimasukkan di table tbl_daftar_mahasiswa.

nah bugnya di web ini, fitur yang ada di admin dan user masih sama (maklum masih belajar) silahkan oprek sendiri :D untuk menjadi lebih bagus sistemnnya.

nah sedangkan kelebihannya adalah di indexnya tadi, jadi setiap orang yang mau memasukkan data harus diizinkan dulu oleh admin. percuma saja anda mendaftar sebagai user, toh user yang baru anda daftarkan itu belum di konfirmasi oleh admin alias previelgesnya belum ada. silahkan lihat di table user.

nah silahkan ente oprek sendiri untuk lebih bagus. baik itu dari sistem maupun tampilan, tergantung pada diri ente.
karena file yang ane share kebetulan tugas yang boleh dishare dan pemograman yang dipakaipun adalah PHP jadi open source. so selamat berkreatifitas.

namun, alangkah baiknya kalau menyertakan author sebelumnya (Redex) sebelum re coder by ente
kalau bisa ada link blognya sekalian :v, selamat oprek.
salam redex. . .

0 komentar:

Posting Komentar